Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Penalaran Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah

  • Riska Universitas Billfath
  • Robi’atul Adhawiyah Universitas Billfath
Keywords: Fiqh Reasoning Ability, Learning Methods, Mind Mapping

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (1983). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. PT. Bina Aksara, Jakarta.

Buzan, T. (2006). Buku Pintar Mind Map. Gramedia Pustaka Utama.

Buzan, Tony, & Griffiths, C. (2013). Mind Maps for Business 2nd edn: Using the ultimate thinking tool to revolutionise how you work. Pearson UK.

DJamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar.

Fardiansyah, E. (2015). Pengaruh penggunaan teknik mind map terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V MIN 16 Cipayung.

Heris, H., Eti, R. E., & Utari, S. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Jannah, Am., Zulkifli, M., Sri Rahayu, A., Muhammadiyah Makassar, U., Sultan Alauddin No, J., Sari, G., Rappocini, K., Makassar, K., & Selatan, S. (2023). Pentingnya Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping bagi Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(04), 11649–11654.

Kustina, N. G. (2021). ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik Vol 1. No 1. Agustus 2021 30. Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30–37.

Lestari, I., Prahmana, R. C. I., & Wiyanti, W. (2016). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 45–50.

Lu, J. N., & Bano, V. O. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 10(1), 58–65. https://doi.org/10.29407/jbp.v10i1.19867

Maimunah, M., Purwanto, P., Sa’dijah, C., & Sisworo, S. (2016). Penerapan model pembelajaran matematika melalui pemecahan masalah untuk meningkatkan penalaran matematis siswa kelas XA SMA Al-Muslimun. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 17–30.

Nurrachmawati, R., & Istaryatiningtias, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8026–8032. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3597

Rohana, R. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa calon guru melalui pembelajaran reflektif. Infinity Journal, 4(1), 105–119.

Sanjaya, W. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.

Sofyana, U. M., & Kusuma, A. B. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan pembelajaran generative pada kelas VII SMP Muhammadiyah Kaliwiro. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 14–29.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sutanto Windura, B. L. I. (2013). Mind Map Langkah Demi Langkah. Elex Media Komputindo.

Uno, H. B. (2014). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif.

Published
2024-12-29
How to Cite
Riska, & Adhawiyah, R. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Penalaran Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah. IBTIDA’, 5(2), 245-257. https://doi.org/10.37850/ibtida’.v5i2.882