Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Penalaran Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah
Downloads
References
Arikunto, S. (1983). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. PT. Bina Aksara, Jakarta.
Buzan, T. (2006). Buku Pintar Mind Map. Gramedia Pustaka Utama.
Buzan, Tony, & Griffiths, C. (2013). Mind Maps for Business 2nd edn: Using the ultimate thinking tool to revolutionise how you work. Pearson UK.
DJamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar.
Fardiansyah, E. (2015). Pengaruh penggunaan teknik mind map terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V MIN 16 Cipayung.
Heris, H., Eti, R. E., & Utari, S. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Jannah, Am., Zulkifli, M., Sri Rahayu, A., Muhammadiyah Makassar, U., Sultan Alauddin No, J., Sari, G., Rappocini, K., Makassar, K., & Selatan, S. (2023). Pentingnya Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping bagi Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(04), 11649–11654.
Kustina, N. G. (2021). ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik Vol 1. No 1. Agustus 2021 30. Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30–37.
Lestari, I., Prahmana, R. C. I., & Wiyanti, W. (2016). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 45–50.
Lu, J. N., & Bano, V. O. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 10(1), 58–65. https://doi.org/10.29407/jbp.v10i1.19867
Maimunah, M., Purwanto, P., Sa’dijah, C., & Sisworo, S. (2016). Penerapan model pembelajaran matematika melalui pemecahan masalah untuk meningkatkan penalaran matematis siswa kelas XA SMA Al-Muslimun. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 17–30.
Nurrachmawati, R., & Istaryatiningtias, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8026–8032. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3597
Rohana, R. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa calon guru melalui pembelajaran reflektif. Infinity Journal, 4(1), 105–119.
Sanjaya, W. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.
Sofyana, U. M., & Kusuma, A. B. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan pembelajaran generative pada kelas VII SMP Muhammadiyah Kaliwiro. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 14–29.
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sutanto Windura, B. L. I. (2013). Mind Map Langkah Demi Langkah. Elex Media Komputindo.
Uno, H. B. (2014). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif.