Keaktifan Belajar Peserta didik Melalui Home Visit Study Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Home Visit Study menjadi alternatif pembelajaran yang diselenggarakan sekolah pada masa Pandemi Covid-19. Program dari sekolah yang dilaksanakan dengan cara guru mendatangi salah satu rumah peserta didik yang sudah dikelompokkan menjadi kelompok kecil yaitu terdiri dari 5-7 Peserta Didik sesuai dengan jarak rumah yang berdekatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis keaktifan Belajar Peserta didik melalui Home visit study. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan ditemukan bahwa Program Home visit study mampu menjadi kontrol belajar, dan program ini mampu mendukung keaktifan belajar peserta didik pada Masa Pandemi Covid-19.
Downloads
References
Amalia, H. (2016). Implementasi Home Visit dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran PAI di SDIT al-Azhar Kediri. Didaktika Religia, 4(1), 80.
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 04(1), 156.
Dwi, B., & dkk. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 3.
Dwita, K. D., & dkk. (2018). Pengaruh Home Visit dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 20(01), 1–15.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya
Study From Home ( SFH ) Selama Pandemi Covid 19. Vol 8(3), 496–503. EISSN:23389621
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif
Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19.
Nisa’, Rofiatun & Fatmawati, Eli. (2020). Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Ibtida’, 1(2), 135-150. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i2.147
Nirmala, B., & Haerul, A. (2021). Home Visit: Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1053.
Purwanto, A., & dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 3.
Risalah, A., & dkk. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di MI/SD (Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru dan Siswa). Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 11–12.
Sabiq, A. F. (2020). Persepsi Orang Tua Siswa tentang Kegiatan Belajar di Rumah sebagai Dampak Penyebaran Covid 19. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 4(1), 6.
Sari, N. P., & Juniarti, Y. (2019). Evaluasi Peserta Didik Menggunakan Kunjungan Rumah/Home Visit, 109.
Sari, R. P., & Dkk. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 11.
Setiawan, A. (2021). Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keluarga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 324. Retrieved from http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, 5(3), 133–140. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/3394/1884
Tanjung Sari, T. (2020). Self-Efficacy dan Dukungan Keluarga dalam Keberhasilan Belajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. Journal Education Research and Development, 4(2), 133.
Zahra, T., Wardhani, Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua dalam Pelaksanaan Sekolah Online di Masa Pandemi Covid-19 Universitas Padjadjaran. Journal Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 49.
Ziah, R. B. H., & Erny, R. (2013). Implementasi Program Home Visit dalam Optimalisasi Hasil Belajar di MINU Trate Putri Gresik, 1–12.