Analisis Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran IPA SD Melalui Media Virtual Di Tengah Pandemi Covid-19

  • Iseu Laelasari IAIN Kudus
Keywords: Pembelajaran Online, Pembelajaran IPA, Media Virtual, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran online melalui media virtual di tengah pendemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Sample penelitian adalah guru kelas 4, 5 dan 6 yang mengajarkan IPA secara online, dan dipilih secara purposive. Peneliti menggunakan teknik observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data yang selanjutnya dianalisis dan dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA secara online dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis virtual yaitu whatsapp dan google classroom. Adapun penerapan konsep pembelajaran online melalui media virtual di tengah pandemi covid-19 ini mengharuskan guru untuk memiliki keativitas yang tinggi dalam menyampaikan materi agar pembelajaran dapat dijalankan dengan baik serta dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, A & Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak

Arzayeva, et al. (2015). Special Aspects Of Distance Learning In Educational System. Anthropologist, 22(3), 449–454.

Caley, P., Philp, D. J., & McCracken, K. (2008). Quantifying social distancing arising from pandemic influenza. Journal of the Royal Society Interface.

Fandi. (2016). Teori Wawancara Psikodiagnostik. Yogyakarta: PT Leutika Nouvalitera

Hamzah, B. U. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hisyam, Z. (2007). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakart: Insan Madani

Hustandi, C & Sutjipto, B. (2015). Media Pembelajaran : Manual dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Isnu, H. (2019). 50 Strategi Pembelajaran Populer. Yogyakarta:DIVA Press

Melvin, L. S. (2013). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia

Nurlinda, L.U. (2018). Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran. E-Jurnal Teknik Informatika Vol. 13 No. 1.

Munadi, Y. (2016). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Naniek & Endang. (2019). Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Jawa Timur: CV AE MEDIA GRAFIKA

Poerwandari, E.K. (2011). Pendekatan Kualitatif unytuk Penelitian Perilaku Manusia. Depok: LPSP3

Sukardi. (2006). Penelitian Kualitatif Naturalistik dalam Pendidikan. Yogyakarta: Usaha Keluarga

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta

Rusman, (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Raja Grafondo Persada

Stein, R. (2020). COVID‐19 and Rationally Layered Social Distancing. International Journal of Clinical Practice.

Published
2021-04-01
How to Cite
Iseu Laelasari. (2021). Analisis Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran IPA SD Melalui Media Virtual Di Tengah Pandemi Covid-19. IBTIDA’, 2(01), 1-9. https://doi.org/10.37850/ibtida.v2i01.149