Analisis Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran IPA SD Melalui Media Virtual Di Tengah Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran online melalui media virtual di tengah pendemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Sample penelitian adalah guru kelas 4, 5 dan 6 yang mengajarkan IPA secara online, dan dipilih secara purposive. Peneliti menggunakan teknik observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data yang selanjutnya dianalisis dan dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA secara online dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis virtual yaitu whatsapp dan google classroom. Adapun penerapan konsep pembelajaran online melalui media virtual di tengah pandemi covid-19 ini mengharuskan guru untuk memiliki keativitas yang tinggi dalam menyampaikan materi agar pembelajaran dapat dijalankan dengan baik serta dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Downloads
References
Anggito, A & Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak
Arzayeva, et al. (2015). Special Aspects Of Distance Learning In Educational System. Anthropologist, 22(3), 449–454.
Caley, P., Philp, D. J., & McCracken, K. (2008). Quantifying social distancing arising from pandemic influenza. Journal of the Royal Society Interface.
Fandi. (2016). Teori Wawancara Psikodiagnostik. Yogyakarta: PT Leutika Nouvalitera
Hamzah, B. U. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hisyam, Z. (2007). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakart: Insan Madani
Hustandi, C & Sutjipto, B. (2015). Media Pembelajaran : Manual dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Isnu, H. (2019). 50 Strategi Pembelajaran Populer. Yogyakarta:DIVA Press
Melvin, L. S. (2013). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia
Nurlinda, L.U. (2018). Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran. E-Jurnal Teknik Informatika Vol. 13 No. 1.
Munadi, Y. (2016). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Naniek & Endang. (2019). Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Jawa Timur: CV AE MEDIA GRAFIKA
Poerwandari, E.K. (2011). Pendekatan Kualitatif unytuk Penelitian Perilaku Manusia. Depok: LPSP3
Sukardi. (2006). Penelitian Kualitatif Naturalistik dalam Pendidikan. Yogyakarta: Usaha Keluarga
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta
Rusman, (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Raja Grafondo Persada
Stein, R. (2020). COVID‐19 and Rationally Layered Social Distancing. International Journal of Clinical Practice.