Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS

  • Annisa Nidaur Rohmah STIT Al-Fattah Siman Lamongan
  • Silvi Robiyatul Laily STIT Al-Fattah Siman Lamongan
Keywords: Make A Match, Learning Outcomes, IPS

Abstract

This research is motivated by a phenomenon that occurred in one elementary school in Lamongan region. School that have some students who study learning outcomes in social science learning (IPS) and have not reached the minimum completeness criteria (KKM) defined by the institution. The purpose of this research is to describe teacher activity and student activity and improve learning result of IPS through applying cooperative learning to make game to improve IPS learning result in third grade student of elementary school. Based on the results of this study, it can be concluded that the implementation of cooperative learning model type make a match can improve the activity and learning outcomes IPS students class III SD Negeri Bulu Tengger Kecamatan Sekaran Lamongan District Lessons year 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Siswa Kelas III SD Negeri 22 Mandonga Kota Kendari. Jurnal Skripsi Sarjana Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Kendari.

Anggraini, Dewi Septiati dkk. (2015). Penerapan Make a Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajaran”. Jurnal Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Bandar Lampung.

Arno. (2005). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII G SMP Negri 3 Singaraja Bali.

Febriana, Ayu. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang”. Jurnal Kependidikan Dasar.

Lahay, Nurhayati. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match di Kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Jurnal PGSD FIP UNG.

Raehanun. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Macth dapat Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Sukarara. Jurnal Skripsi.

Sinta, Putri. (2015). Efektivitas Media Pembelajaran Peta Buta Berbasil Puzzle Multimedia Ditinjau Dari Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Kasih Batul Tahun Pelajaran 2013/2014, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurnal PGSD Indonesia (FTIK) Universitas PGRI,

Vawziyyah, (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas III di SD Negeri Pogung Kidul”. Program Studi Teknologi Pendidikan Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Studi Teknologi Pendidikan Edisi. 2.

Yula, (2016). Desy Noor Argawati. “Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan pada Siswa Kelas V Sanden”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 28.

Nursa’ban, dan Rusmawan. (2008). Sosial 3 untuk SD dan MI kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan.

Sardjiyo, dkk. (2014). Pendidikan IPS di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sunarso dan Kusuma Anis. (2008). Ilmu Pengetahuan Sosial 3 untuk SD dan MI kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan.

Published
2020-04-18
How to Cite
Annisa Nidaur Rohmah, & Silvi Robiyatul Laily. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS. IBTIDA’, 1(1), 33-40. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i1.109