Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada keingintahuan penulis pada peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Ihyaul Ulum mengenai kemampuan literasi matematis peserta didik jika ditinjau dari gaya belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik (V-A-K). Sejauh mana pemahaman peserta didik mengenai soal cerita matematika dengan mencapai level dalam literasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus (Case Study) dengan pendekatan kualitatif deskrptif. Instrumen yang digunakan yaitu angket gaya belajar dan tes kemampuan literasi matematika. Data yang ada lalu dianalisis dengan model Milles dan Huberman yaitu dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dan memperhatikan rumusan masalah, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Kemampuan literasi matematis peserta didik dengan gaya belajar visual mampu mencapai level 5 dengan memenuhi semua indikator pada level 5. 2) Kemampuan literasi matematis peserta didik dengan gaya belajar auditorial mampu mencapai level 5, akan tetapi dari ke 4 indikator pada level 5 hanya mampu dicapai 3 indikator saja. 3) Kemampuan literasi matematis peserta didik dengan gaya belajar kinestetik mampu mencapai level ke 4 dengan memenuhi 3 indikator.
Downloads
References
Abidin, Mulyati, Yunansah. 2017. Pembalajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Manulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Agustina, Nora. 2018. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish.
Arifin, Zainal. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Sursubjek 23ya: Lentera Cendikia.
Arikunto, Suharsimi. 2013. “Prosedur Penelitian”. Jakarta: Rineka Cipta.
Deporter dan Hernaki. 2016. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (Teori Konsep Dasar dan Implementasi). Bandung: Alfabeta
Moleong, Lexi J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, M.A. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
OECD. 2009. Take The Test Sample Questions From OECD’S PISA Assesments. OECD Publising . 2009.
OECD. 2015.PISA 2015 Results in Focus. OECD Publising.
Rosyada, Dede. 2017. Madrasah dan Profesionalisme Guru dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah. Cimanggis: kencana.