Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

  • Eli Mufidah STIT Al-Fattah Siman Lamongan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya hasil belajar peserta didik pada proses pembelajaran selain itu juga disebabkan oleh kurangnya rasa bekerjasama antar peserta didik dalam proses belajar kelompok. Penggunaan metode pembelajaran yang berbeda akan menghasilkan hasil belajar yang berbeda. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti akan berupaya meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui metode pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V SD Negeri Siman mata pelajaran IPA. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis tagart yang dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdapat dua kali pertemuaan. Pelaksanaan penelitian dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD  pada mata pelajaran IPA meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran koopertif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Siman mata pelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari aspek kognitif nilai ulangan harian yaitu terjadi peningkatan pengetahuan dilihat dari peserta didik mampu menjawab soal-soal dari guru baik soal kerja kelompok maupun soal tes individu. Rata-rata peningkatan kemampuan kognitif adalah sebesar 10,51 % yang masuk pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri Siman melalui metode pembelajaran kooperatif dianggap telah berhasil dan dapat diterapkan pada proses pembelajaran sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bill Huda Muhammad, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII B di SMP Negeri 1 Piyungan, Jogjakarta: Skripsi, 2014.

Huda, Miftahul. 2011.Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. (Pekanbaru: Pustaka Pelajar).

Mulyasa. 2016. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. (Bandung: Rosdakarya).

Qohisima, Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI/IPS di Madrasarh Aliyah Sabilul Muttaqin Trimulyo Guntur Demak Tahun Pelajaran 2016/2017, Lamongan: Skripsi, 2017.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. (Jakarta: Rineka Cipta).

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, riset, dan Praktik. (Bandung:Nusantara).

TIM PGMI. 2018. Pedoman Penulisan Skripsi. (Lamongan: Prodi PGMI STIT AL-Fattah Siman Lamongan).

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progesif, dan Kontekstual. (Jakarta: Prenadamedia Group).

Wiriaatmadja, R. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas.(Bandung: PT. Remaja Rosda karya).

Published
2018-10-23
How to Cite
Eli Mufidah. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. CENDEKIA, 10(02), 133-156. https://doi.org/10.37850/cendekia.v10i02.69