Urgensi Analisis Kemampuan Awal Peserta Didik dalam Meningkatakan Prestasi Belajar PAI

  • Muhammad Sya’roni STIT Al-Fattah Siman Lamongan

Abstract

Setiap peserta didik memiliki kemampuan awal, yakni kemampuan yang telah dimiliki sebelum dia mendapatkan kemampuan terminal tertentu yang baru. Kemampuan awal menunjukkan status pengetahuan dan keterampilan siswa sekarang untuk menuju ke status yang akan datang yang diinginkan pendidik agar tercapai oleh peserta didik. Untuk melakukan analisa kemampuan awal peserta didik, setidaknya seorang pendidik mampu mengindentifikasi   tiga karekter umum pada peserta didik yang terkait dengan perbedaan usia, perkembnagan fisik, perkembangan motorik dan perkembnagan akademik. Disamping itu juga harus memahami betul perbedaan gaya belajar yang ada pada peserta didik dan tentu dengan menggunakan teknik tertentu. Kemampuan pendidik dalam menganalisis kemampuan awal peserta didik berimplikasi pada desain pembelajaran yang dikembangkannya dan pada akhirnya berbuah pada pencapaian prestasi belajar yang gemilang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boobi DePorter dan Mike Hernacki, Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung: Kaifa, 2002.

Muhammad Irham dan Novan Ardi Wiyani, Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Poses Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Mukhtar, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Cet 1, Jakarta: CV Misaka Galiza, 2003.

Sitiatava Rezima Putra, Tips-tips Jitu Mencetak Siswa Juara Olimpiade Sejak Dini, Yogyakarta: Diva Press, 2013.

Sugeng Listiyo Prabowo, Faridah Nurmaliyah, Perencanaan Pembelajaran, Malang:UIN Press, 2010.

Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

Yatim Riyanto, Paradigma Baru Pembelajaran, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2009.

Peraturan Pemerintah Nomor 19, tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan.

http://denokmuktiari14.blogspot.com/2014/05/analisis-kemampuan-awal-belajar.html.

Published
2018-03-23
How to Cite
Muhammad Sya’roni. (2018). Urgensi Analisis Kemampuan Awal Peserta Didik dalam Meningkatakan Prestasi Belajar PAI. CENDEKIA, 10(01), 91-102. https://doi.org/10.37850/cendekia.v10i01.65