Perkembangan Kurikulum menjadi Rujukan Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia

  • Eli Mufidah STIT Al-Fattah Siman Lamongan

Abstract

Sejak Indonesia merdeka hingga sekarang, pendidikan nasional setidaknya telah mengalami sepuluh kali perubahan kurikulum. Kurikulum dapat di katakan sebagai seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.  Prorses perkembangan kurikulum sebagai sifatnya yang sentiasa berubah turut dipengaruhi oleh faktor-faktor persekitaran yang merangsang reaksi manusia yang terlibat dalam kepentingannya. Hasrat terhadap perubahan kurikulum itu menggambarkan keperluan pendidikan yang menjadi wadah penerus kemajuan bangsa dan negara itu sendiri. Setiap adanya perubahan kurikulum diharapkan agar mutu pendidikan semakin membaik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dakir.2004.Perencanaan dan Perkembangan Kurikulum. Yogyakarta: RIENEKA CIPTA.

Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Nasution.2005.Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: BUMI AKSARA.

Mulyasa, Enco. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Soedijarto, dkk. 2010. Sejarah Pusat Kurikulum. Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendiknas

Syaodih, Nana.1997.Pengembangan KurikulumTeori dan Praktek. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Published
2018-03-23
How to Cite
Eli Mufidah. (2018). Perkembangan Kurikulum menjadi Rujukan Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia . CENDEKIA, 10(01), 53-68. https://doi.org/10.37850/cendekia.v10i01.63