Pembentukan Keimanan kepada Allah Berbasis Prophetic Learning untuk Siswa Sekolah Dasar

  • Allinda Hamidah STIT Al-Fattah Siman Lamongan

Abstract

Anak-anak secara alami dilahirkan dengan setia kepada Allah, sehingga keluarga bertanggung jawab untuk membangun kesetiaan dan aqidah yang kuat untuk menghindari hal-hal yang meragukan dan rayuan seksual. Faitfullness mencakup kepercayaan pada materi abstrak. Allah memiliki masalah yang berbeda dan tak tertandingi. Sementara itu, teori kognitif menyatakan bahwa siswa sekolah dasar berada dalam tahap operasional konkret mereka. Karena itu, mereka membutuhkan solusi dalam bentuk membangun kepercayaan mereka kepada Tuhan berdasarkan kemampuan dan pembelajaran kenabian mereka untuk mencapai tujuan. Itu dianalisis oleh peneliti dari pendidikan kesetiaan di SD Anak Saleh. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan metode deskriptif analitik untuk menganalisis dan mendeskripsikan, Temuan penelitian ini adalah: (1) tujuan membangun pembelajaran profetik berbasis kepercayaan pada bangunan Tuhan di SD Anak Saleh Malang (2). Program yang dirancang untuk membangun berbasiskan pembelajaran kenabian pada pembangunan Tuhan di SD Anak Saleh Malang (3) proses pembelajaran berbasis keyakinan pada pembangunan Tuhan di SD Anak Saleh Malang meliputi (4) Evaluasi terdiri dari; (a) tes lisan dan tertulis untuk mengukur prestasi kognitif, (b) pengamatan untuk mengukur prestasi afektif dan psikomotorik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Fatah Abu Ghuddah, 40 Metode Pendidikan Dan Pengajaran Rosullulah, Bandung:Irsyad Baitus Salam, 2009.

Abdullah Nasih Ulwan, Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam, Jilid I. Semarang: CV. Asy-Syifa, 1981.

Abdullah Nasih Ulwan, Pendidikan Anak Menurut Islam, Bandung: Rosdakarnya, 1990.

Afi, Wawancara ( (Malang, 27 Oktober 2017 di SD Anak Saleh)

Al-Bukhari, Al-Imam Abu Abdillah Muhammad bin Ismail, Shahih al-Bukhari, Beirut Libanon: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 1992.

Efendi, Wawancara ( (Malang, 27 Oktober 2017 di SD Anak Saleh)

Gunarsa, S.D., & Gunarsa, Y.S.D. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia. 2006.

Hadi, Wawancara (Malang, 27 Oktober 2017 di SD Anak Saleh)

Ichsan, Wawancara (Malang, 27 Oktober 2017 di SD Anak Saleh)

Iman, Wawancara (Malang, 27 Oktober 2017 di SD Anak Saleh)

Khoiron Rosyadi, Pendidikan Profetik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Roqib, Moh. Prophetic Education: Kontektualisasi Filsafat dan Budaya Profetik dalam Pendidikan. Purwokerto: STAIN Press, 2011.

Zoh. Shofan, Pendidikan Berparadigma Profetik Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Sistem Pendidikan Islam, Yogyakarta: IRCiSoD, 2004.

Published
2018-03-23
How to Cite
Allinda Hamidah. (2018). Pembentukan Keimanan kepada Allah Berbasis Prophetic Learning untuk Siswa Sekolah Dasar. CENDEKIA, 10(01), 15-28. https://doi.org/10.37850/cendekia.v10i01.60