Pengaruh Media Audiovisual terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik

  • Dwi Rosyidatul Kholidah STIT Al-Fattah Siman Lamongan

Abstract

Anak yang memiliki minat belajar yang baik merupakan keinginan setiap para pendidik, namun dalam proses pembelajaran tentu para pendidik harus menyiapkan hal-hal baru agar peserta didik tidak bosan dan semangat dalam belajarnya. Penurunan minat dan semangat dalam belajar pada masa ini terjadi pada anak-anak, salah satu faktor penurunan semangat belajar yakni penggunaan metode dan proses pembelajaran yang biasa-biasa saja cenderung terlalu terfokus pada pendidik, sehingga peserta didik mudah bosan, dan bahkan mengantuk dan lain sebagainya. Dari sinilah pendidik harus menyiapkan dorongan agar peserta didik kembali berminat dalam belajar, salah satunya dengan menggunakan media audiovisual dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui penggunaan media audiovisual pada pembelajaran tematik,2. Mengetahui tingkat minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik,3. Mengetahui adanya pengaruh dari media audiovisual terhadap minat belajar peserta didik kelas IV MI Ihyaul Ulum Manyar. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Kemudian pada teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Dengan menggunakan Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Dengan jumlah populasi 20 dari kelas IV. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase dan rumus Analisis Regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Media audiovisual dalam pembelajaran Tematik masuk dalam kategori baik, dibuktikan dengan perhitungan hasil prosentase sebesar 77%, artinya media audiovisual berhasil digunakan dengan baik pada pembelajaran tematik. 2. Minat peserta didik pada pembelajaran Tematik masuk kategori baik dan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, dibuktikan dengan perhitungan hasil prosentase sebesar 76%, artinya peserta didik mengalami peningkatan minat pada pembelajaran tematik dengan menggunakan media audiovisual. 3. Penggunaan media audiovisual pada pembelajaran tematik berpengaruh  terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik kelas IV MI Ihyaul Ulum Manyar tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil tabel regresi ditemukan nilai thitung> ttabel (2,832 ≥1,734) Maka dengan demikian media audiovisual memberikan pengaruh terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas IV MI Ihyaul Ulum Manyar Tahun Pelajaran 2018/2019 secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, N & Ali, M. 2015. Analisis Buku Teks Muatan Tematik Integratif, ScientificApproach, Dan Authentic Assessment Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan,Vol 1(1): 1-15.

Sadiman, Arif 1996. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Arikunto,S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

_________,¬_. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran.. Jakarta: Ciputat Pers.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arsyad, Azhar 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Djamarah Bahri Syaiful, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauziah Amni dkk. 2017. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol 04 (01): 48-52

Hasan Hasmiana. 2016. Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Ketuntasan Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh .Jurnal Pesona Dasar, Vol 03 (4): 22-33

Hurlock Elizabeth, 2003.Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga.

Iif Khoiru Ahmadi dan Shofan Amri. 2014. Pengembangan & Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Inesa dan Rini, 2018. Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Bandung :Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran,3 (2) : 33-41

Kadir Abdu dan Asrohah Hanun. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajawali Pers.

Miftahurrohman, H. 2016. Peran Media Audiovisual dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Cepitsari Cangkringan. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Published
2018-03-23
How to Cite
Dwi Rosyidatul Kholidah. (2018). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik . CENDEKIA, 10(01), 1-14. https://doi.org/10.37850/cendekia.v10i01.59