Pengembangan Perangkat Pembelajaran yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Materi Bunyi

  • Eli Mufidah STIT Al-Fattah Siman Lamongan

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis dengan model inkuiri terbimbing untuk mereduksi miskonsepsi. Perangkat pembelajaran yang terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Buku Siswa dan Tes Pemahaman Konsep dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang telah diadaptasi tanpa tahap Disseminate. Perangkat pembelajaran telah divalidasi dan diujicobakan pada 27 siswa kelas IX A SMP N 1 Babat dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid untuk diimplementasikan di kelas. Selama implementasi, hasil menunjukkan rata-rata nilai pretest dan Posttest sebesar 35,5 dan 85,9 berturut-turut. Hasil menunjukkan adanya penurunan tingkat miskonsepsi. Dengan analisis Certainty Of Response Index (CRI) dapat ditentukan perubahan konsepsi dari masing-masing siswa sebelum dan setelah pembelajara. Data siswa yang tahu konsep, tidak tahu konsep, miskonsepsi, dan data tentang persebaran konsepsi siswa pada seluruh soal dapat diketahui dari analisis data. Sebelum proses kegiatan pembelajaran, persentase siswa yang tahu konsep sebesar 35,52% dan setelah pembelajaran persentase siswa yang tahu konsep meningkat menjadi 85,57%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada enam siswa yang tidak mengalami miskonsepsi setelah proses pembelajaran, dan ada beberapa siswa lainnya yang belum dapat mereduksi miskonsepsi secara keseluruhan. Miskonsepsi yang telah tereduksi secara keseluruhan didukung dari aktivitas siswa yang melatihkan kemampuan berpikir kritis dengan baik. Selain itu, penggunaan perangkat yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis juga menjadi acuan dan pegangan dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berorientasi pada kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan layak digunakan untuk mereduksi miskonsepsi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Risma. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pencemaran dan Pelestarian Lingkungan untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis. Skripsi. Unesa. Tidak dipublikasikan.

Anderson, L.W. and Krathwhol, D.R. (Eds). 2001. A taxonomy for learning, Teaching, and assessing, A Revision of Blom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addision Wesley Longman, Inc.

Arrends, Richard I. 2012. Learning to Teach Ninth Edition. New York: McGraw-Hill, 2012

Bailin, S., Case, R., Coombs, JR. dan Daniels, LB. 1999. “Common misconceptions of critical thinking”. Journal: Curriculum studies, Vol. 31, No. 3, 269-283.

Barthlow, Michelle J. 2011. “The Effectiveness of Process Oriented Guided Inquiry Learning to Reduce Alternate Conceptions in Secondary Chemistry. Dissertation, Liberty University

Bassham, G., William, J., Henry, N. and James, M.W. 2002. Critical Thinking A Students Introduction. USA: McGraw-Hill Companies, Inc.

Berg, Euwe Van Den (Ed). 1999. Miskonsepsi Fisika dan Remediasi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Borich, G. D. 1994. Observation Skills for Effective Teaching, Second Edition. Macmillan Publishing Company: New York.

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif Kominikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Creswell, John W. 2005. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New Jersey: Pearson.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Duit, Reinders H and David. 2013. “Conceptual Change – A powerful Framework for improving the Practice of Science Instruction”. Journal: Science Education, 725-744.

Ennis, R.H. 1996. Critical Thinking. USA: Prentice-Hall, Inc.

Fitrihidajati, Herlina, dkk. 2009. Penerapan Berbagai Tipe Pembelajaran Kooperatif Pada Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA. Surabaya: UNESA.

Gebi. 2012. “Ketrampilan Proses Siswa SMU kelas II pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia Melalui Metode Praktikum” diunduh dari http://file.upi.edu/Direktori/FMIPA/jur.Pend.Kimia/19561206198032Gebi_Dwiyanti/makalah_HISPIPAI.pdf, pada tanggal 3 februari 2014.

Gelder, T. Van. 2005. Teaching critical thinking. College Teaching, 53(1), 41-46.

Grinnel, J.R. and Richard, M. 1998. Social Work Research and Education Third Edition. Canada: Peacock Publisher, inc.

Gulo. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo

Hake, R. 1998. “Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A six-thousand-Student survey of Mechanics Test data for Introductory Physic Courses”. Journal American association of Physic Teacher. Volume 66, No 1 1998. pp. 64-74.

Hanson, David M. 2006. Instructor's Guide to Process-Oriented Guided-Inquiry Learning. Lisle : Pasicif Crest.

Harsanto, Ratno. 2005. Melatih Anak Berpikir Analisis, Kritis, Dan Kreatif. Jakarta: Gramedia.

Hasan, S., Bagayoko, D., dan Kelley, E.L. 1999. “Misconception and The Certain of Response Index”. Jurnal Pendidikan, diunduh dari www.iopscience.iop.org. 17/02/2014

Hassoubah, Zaleha Ihzab. 2004. Developing Creative & Critical Thinking Skills. Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia.

Ibrahim, M. 2005. Asesmen Berkelanjutan. Surabaya: Unesa University Press.

Ibrahim, Muslimin. 2007. Pembelajaran Inkuiri. Surabaya: UNESA-University Press

Ibrahim, Muslimin. 2012. Konsep, Miskonsepsi, dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: Unesa University Press

Jamhari, M. 2010. “Penerapan Pendekatan Problem Solving dalam Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 21 Palu”. Jurnal Biodidaktis, No. 2, pp.83-88.

Joice, Bruce., Weill, Marsha. and Calhoun, Emily. 2009. Models Of Teaching. New York : Pearson

Kessler, Jamess H. & Galvan, Patricia M. (2007). Inquiry in Action-Investigating Matter Through Inquiry Third Edition. American Chemical Society Education Division

Khaeruddin. 2005. Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: State University of Makasar Press.

King, F.J., Goodson, L., and Rohani, F. 2012. Assesment and Evaluation High Order Thinking Skills. Educational Service Program. Diunduh dari http://www.cala.fsu.ede. Pada tanggal 15 Februari 2014

Kuhlthau, Carol C., Maniotes, Leslie dan Capari, ann K. 2007. Guided Inquiry: Learning in The 21st Century. London : Libraries Unlimeted.

Mcright, Aaron M. 2012. “Enhancing students’ scientific and quantitative literacy through and inquiry-based learning project on climate change.. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning. Vol. 12 No 4, Desember 2012. pp. 86-102.

Mustari, M. 2011. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Laks Bang Pressindo.

National Research Council. 2001. Under The Weather: Climate, Ecosystems, And Infectious Disease. Washington, DC : National Academy Press.

National Science Education Standard. 1992. Observe Change Learn. Washington, DC : National Academy Press, 1992.

Ningrum, S. 2012. Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Materi Bunyi dan Telinga untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Rengel-Tuban. Surabaya: Unesa.

Nur, M. 2008. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Unesa: Surabaya.

Nur, M. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: PSMS Unesa.

Periago, Cristina., Pejuan, Arcadi., Jaen, Xavier. and Bohigas, Xavier. 2009. “Misconception About The Propagation of Sound Wave”. Dept. de Fis. i Eng., Univ. Politec. de Catalunya, Barcelona, Spain.

PERMENDIKBUD. Peraturan Pemerintah (PP) No 81A tahun 2013.

Prince, Michail and felder, Richard. 2007. “The Many Faces of Inductive Teaching and Learning”. Journal of College Science Teaching Vol 36 No 5 March/April 2007, pp. 14-20.

Pujianto dan Maryanto A.L. 2009. “Pengembangan Model KBSB (Keterampilan Berpikir dan Strategi Berpikir) Melalui Pembelajaran Sains Realistik untuk Peningkatan Aktivitas Hands-On dan Minds-On Siswa”. Jurnal Pendidikan, diunduh dari jhh.sagepub.com pada tanggal 3 October 2012.

Puasati, C. 2006. “Peningkatan Keterampilan Proses dan Pemahaman Konsep Biologi melalui Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber BBelajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Seputih agung”. Jurnal Nuasa Pendidikan, Vol. VI. No. 1, pp.35-42.

Redhana, I W., dan Kirna, I M. 2004. Identifikasi miskonsepsi siswa SMA Negeri di kota Singaraja terhadap konsep-konsep kimia yang dilakukan setelah pembelajaran. Laporan penelitian (Tidak Dipublikasikan). IKIPN Singaraja.

Rehana dan Liliasari. 2008. “Program Pembelajaran Berpikir Kritis Pada Topik Laju Reaksi untuk SMA”. Jurnal Forum Kependidikan. Vol.27, No.2. Maret 2008.

Rossing, Thomas D. 1982. The Scence of Sound. Philippines: Addison-Wesley Publishing Company.

Rustaman, Nuryani Y. 2005. “Perkembangan Penelitian Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Pendidikan Sains”. Makalah di peresentasikan dalam Seminar Nasional II Himpunan Ikatan Sarjana dan Pemerhati Pendidikan IPA Indonesia Bekerja sama dengan FMIPA Universitas Pendididkan Indonesia.

Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santrock, J.W. 2008. Educational Psychology 3th. USA: McGraw-Hill

Sasmedi, D. 2011. Pembelajaran Remedial [Online]. Tersedia: http://www.lpmpsulsel.net/v2/attachments/141_PEMBELAJARAN%20REMDIAL%20Artikel.pdf. [04 Juni 2012].

Scradamalia, Marlene. 2002. “Collective Cognitive Responsibility for the Advacement of Knowledge, In B smith (Ed)”. Liberal Education. 2002. pp. 67-98

Setford, Steve. 1996. Fakta Sains. Jakarta: Erlangga.

Slavin, Robert E. 2000. Educational Psychology: Theory and Practice. Massachusetts: Allyn & Bacon Publishers.

Slavin, R.E. 2006. Educational Psychology Theory and practice Eight Edition. USA:Library of congres Cataloging in Publication Data.

Slavin, R.E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi ke-9. Jakarta: Indeks

Sund, Robert B. & Trowbridge, Leslie w. 1973. Teaching Science in the Secondary School. Ohio: Charles E. Merril Publishing Company.

Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Thiagarajan, S., Dorothy. S.S. and Melvyn, I.S. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Excptional Children. Indiana: Center for innovation.

Trowbridge, Leslie W. & Bybee, Rodger W. 1996. Teaching Secondary School Science-Strategies for Developing Scientific Literacy. New Jersey : Prentice Hall, 1996.

Wandersee, Novak, J.D., and Mintzes. 1984. Learning How to Learn. Cambridge University Press.

Published
2017-10-23
How to Cite
Eli Mufidah. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Materi Bunyi. CENDEKIA, 9(02), 157-180. https://doi.org/10.37850/cendekia.v9i02.57