Pengembangan Modul Materi Bilangan Bulat Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Garis Bilangan

  • Dwi Rosyidatul Kholidah STIT Al-Fattah Siman Lamongan

Abstract

Modul termasuk dalam kelompok media bahan cetak yaitu media visual yang pembuatannya melalui proses pencetakan atau offset. Media bahan cetak ini menyajikan pesannya melalui huruf dan gambar-gambar yang diilustrasikan untuk lebih memperjelas pesan atau informasi yang disajikan. Artikel ini ditujukan untuk pengaruh bagaimana  efektivitas, efisiensi dan kemenarikan modul ajar Materi Bilangan Bulat Kelas IV Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Garis Bilangan yang valid untuk siswa kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan  atau Reseacrh  and  Development. Model yang digunakan dalam pengembangan modul ajar berbasis pembelajaran matematika ini adalah  model pengembangan menurut model pengembangan menurut Walter Dick and Lou Carey. Pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran matematika ini lebih menarik bagi siswa. Desain modul yang berbeda dengan modul-modul yang sudah ada membuat siswa lebih bersemangat mengikuti pelajaran. Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan, siswa mampu menyelesaikan soal dan mampu memahami materi dengan cepat melalui pemanfaatan modul pembelajaran tersebut. Dari beberapa pernyataan di atas dapat dinyatakan bahwa bahan ajar matematika materi bilangan bulat berbasis PMR untuk siswa kelas IV SDN Blimbing IV efektif, efisien dan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran matematika materi bilangan bulat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi.2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Belawati, Tian. 2003. Materi Pokok Pengembangan Buku ajar Edisi ke Satu. Jakarta: universitas Terbuka.

Daryanto, 2013. Menyusun Modul: Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Hariwijaya, Surya. 2008. Adventures in Math Tes IQ Matematika. Yogyakarta: Tugu Publisher.

Hudoyo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. (IMSTED: JICA).

Karel A. Streenbrink. Pesantren Madrasah dan Sekolah Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. (Jakarta: LP3ES. 1994).

Muhaimin. 2008. Modul Wawasan tentang Pengembangan Buku ajar Bab V. Malang: LKP2I.

Putra, Nusa, 2012. Research & Development: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sriyanti. 2007. Strategi Sukses Menguasai Matematika. Yogyakarta: Indonesia Cerdas.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2016-03-23
How to Cite
Dwi Rosyidatul Kholidah. (2016). Pengembangan Modul Materi Bilangan Bulat Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Garis Bilangan . CENDEKIA, 8(01), 20-25. https://doi.org/10.37850/cendekia.v8i01.36