Representasi Latar Sosial dalam Citraan dan Majas Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang: Kajian Sosiologi Sastra

  • Khumaidi Abdillah STIT Al-Fattah Siman Lamongan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) representasi latar sosial dalam citraan puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang, (2) representasi latar sosial dalam majas puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari antologi puisi siswa yang merepresentasikan latar sosial terhadap penggunaan citraan dan majas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) representasi latar sosial memengaruhi penggunaan citraan dalam puisi siswa; (2) representasi latar sosial memengaruhi penggunaan majas dalam puisi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminuddin. 2011. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Cole, Camille dan Andrew Smithberger. 1931. On Poetry. New York: Doubleday, Doran & Company, Inc.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metodologi Penelitian Sastra: Epistomologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Kusumawati, Elfitria. 2012. Karakteristik Puisi Karya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Malang. Skripsi tidak diterbitkan: Universitas Negeri Malang.

Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nur'aini. 2014. Karakteristik Puisi Karya Siswa Kelas VIII Akselerasi SMPN 5 Malang. NOSI, Volume 2, No. 1, Februari 2014: 23-36.

Perrine, Laurence. 1974. Sound and Sense: An Introduction of Poetry. New York: State University of New York Press.

Pradopo, Rachmat Djoko. 1987. Kritik Sastra Indonesia Modern. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2002. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Roekhan. 1991. Menulis Kreatif: Dasar-dasar dan Petunjuk Penerapannya. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh Malang.

Sansom, Clive. 1960. The World of Poetry. London: Phoenic House.

Sarumpaet, Riris K. Toha. 2002. Apresiasi Puisi Remaja: Catatan Mengolah Cinta. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo).

Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo).

Tarigan, Henry Guntur. 1984. Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Tjahjono, Tengsoe. 2011. Mendaki Gunung Puisi ke Arah Kegiatan Apresiasi. Malang: Bayumedia Publishing.

Waluyo, Herman J. 1991. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Winarni, Retno. 2013. Kajian Sastra. Surakarta: Widya Sari Press.

Windiatmoko, Doni Uji. 2014. Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel “The Lost Java“ karya Kun Geia. Tesis tidak diterbitkan: Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta.

Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka (Kelompok Penerbit Pinus).

_______. 1989. Ensiklopedi Nasional Indonesia. Jakarta: PT Cipta Adi Pustaka.

Published
2017-03-23
How to Cite
Khumaidi Abdillah. (2017). Representasi Latar Sosial dalam Citraan dan Majas Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang: Kajian Sosiologi Sastra. CENDEKIA, 9(01), 75-86. https://doi.org/10.37850/cendekia.v9i01.35