Tipologi Kepemimpinan Madrasah dan Implikasinya terhadap Iklim Kerja
Abstract
Madrasah merupakan suatu organisasi yang memiliki sistem yang terdiri dari berbagai unsur yang membentuk satu kesatuan yang utuh. Di dalam madrasah terdapat berbagai macam sistem yang berkembang dari sekelompok manusia yang saling berinteraksi menurut pola dan tujuan tertentu yang saling mempengaruhi dan dipengaruhi yang salah satunya adalah Kepala Madrasah. Setiap Kepala Madrasah memiliki tipologi kepemimpinan masing–masing. Apabila tipologi kepemimponan kepa madrasah tidak sesuai dengan unsur yuang lain maka dapat dipastikan bahwa untuk mencapai iklim kerja yang posistif sangatlah sulit
Downloads
References
Chakim Musthofa, Kontroversi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (www.pontianakpost.com), diakses pada tanggal 18 Mei 2008
Sertifikasi Guru dalam Jabatan Buku 7 Rambu-Rambu Penyusunan kurikulum sertifikasi Guru dalam Jabatan Melaluli Jalur Pendidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 2008
E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
Isjoni, Saatnya Pendidikan Kita Bangkit, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2007
kisi-kisi Instrumen Sertifikasi Guru atas Kompetensi Pedagogik
Penjelasan atas Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Sutrisno, Pendidikan Islam yang Menghipupkan, Yogyakarta: Kota Kembang, 2006
Suparlan, Guru sebagai Profesi, Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2006
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional