Tipologi Kepemimpinan Madrasah dan Implikasinya terhadap Iklim Kerja

  • Malik Zuhri STIT Al-Fattah Siman Lamongan

Abstract

Madrasah merupakan suatu organisasi yang  memiliki  sistem yang terdiri dari berbagai unsur yang membentuk satu kesatuan yang utuh. Di dalam madrasah terdapat berbagai macam sistem yang berkembang dari sekelompok manusia yang saling berinteraksi menurut pola dan tujuan tertentu yang saling mempengaruhi dan dipengaruhi yang salah satunya adalah Kepala Madrasah. Setiap Kepala Madrasah memiliki tipologi kepemimpinan masing–masing. Apabila tipologi kepemimponan kepa madrasah tidak sesuai dengan unsur yuang lain maka dapat dipastikan bahwa untuk mencapai iklim kerja yang posistif sangatlah sulit

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chakim Musthofa, Kontroversi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (www.pontianakpost.com), diakses pada tanggal 18 Mei 2008

Sertifikasi Guru dalam Jabatan Buku 7 Rambu-Rambu Penyusunan kurikulum sertifikasi Guru dalam Jabatan Melaluli Jalur Pendidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 2008

E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007

Isjoni, Saatnya Pendidikan Kita Bangkit, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2007

kisi-kisi Instrumen Sertifikasi Guru atas Kompetensi Pedagogik

Penjelasan atas Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Sutrisno, Pendidikan Islam yang Menghipupkan, Yogyakarta: Kota Kembang, 2006

Suparlan, Guru sebagai Profesi, Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2006

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Published
2017-03-23
How to Cite
Malik Zuhri. (2017). Tipologi Kepemimpinan Madrasah dan Implikasinya terhadap Iklim Kerja . CENDEKIA, 9(01), 87-102. https://doi.org/10.37850/cendekia.v9i01.28