Urgensi Pendidikan Islam Informal dalam Membentuk Insan Kamil

  • Hasyim STIT Al-Fattah Siman Lamongan

Abstract

Keluarga menduduki peran yang cukup penting dalam membentuk insan kamil, Peran  keluarga sebagai pendidik dalam pembinaan kepribadian muslim harus mencakup berbagai aspek melalui: Menanamkan Keimanan, Pembiasaan, Peneladanan, Menanamkan Akhlaq, dan Melaksanakan Syari’at (Amaliyah Syariat).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainur Rofiq Dawam, Ahmad Ta’arifin, Manajemen Madrasah Bebasis Pesantren, Listafariska, 2005

Amin Haedari dkk, Masa Depan Pesantren. Jakarta: IRD Press, 2004

Amin Haedari, Panorama Pesantren Dalam Cakrawala Moderen. Jakarta: Diva Pustaka, 2004

Achmad Sugandi. Teori Pembelajaran, Semarang: UPT UNNES Press. 2004

Abu Ahmadi, Joko Tri Prasetya, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV. Pustaka Setia, 1997

Barnadib, Imam, Filsafat Pendidikan Tinjauan Beberapa Aspek dan Proses Pendidikan, Yogyakarta: Studying, 1982

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Putaka, 1990

Moh. Uzer Usman, Lilis Setiawati, Upaya Optimalisasi Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1993

Oemar Hamalik, Strategi Belajar Mengajar, Berdasarkan CBSA, Bandung: Sinar Baru: 1991

Haidari, Amin, dkk, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo, 1996

Suharyono, dkk., Strategi Mengajar I, Semarang: IKIP Semarang, 1991

Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo, 1996

Mastuhu, Dinamika Sistem pendidikan Pesantren; Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS, 1994

Yunus, Mahmud, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Hida Karya Agung, 1985

Published
2015-10-23
How to Cite
Hasyim. (2015). Urgensi Pendidikan Islam Informal dalam Membentuk Insan Kamil . CENDEKIA, 7(02), 137-156. https://doi.org/10.37850/cendekia.v7i02.26