Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Sosiodrama Terkait Materi Hijrah ke Habasyah pada Siswa Kelas IV MINU Ngingas Waru Sidoarjo

  • Taseman STIT Al-Fattah Siman Lamongan

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah karena rendahnya kemampuan berbicara pada materi Hijrah ke Habasyah oleh sebagian siswa kelas IV MINU Ngingas Waru Sidoarjo yang nilainya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (70) dan belum memenuhi kriteria kemampuan berbicara yang harus dikuasai. Oleh karena itu peneliti memberikan solusi berupa metode sosiodrama untuk mengatasi permasalahan rendahnya kemampuan berbicara siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan  kemampuan berbicara siswa kelas IV MINU Ngingas Waru-Sidoarjo dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi hijrah ke Habasyah sebelum diterapkannya metode sosiodrama dalam proses belajar mengajar?, (2) Bagaimana peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas IV MINU Ngingas Waru-Sidoarjo dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi hijrah ke Habasyah sesudah diterapkannya metode sosiodrama dalam proses belajar mengajar? Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada teknik observasi adalah dengan menggunakan lembar observasi aktifitas guru dan siswa, sedangkan pada teknik tes peneliti menggunakan lembar penilaian Performence, akan tetapi pada teknik wawancara peneliti hanya melakukan wawancara langsung dengan guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan: Kegiatan pembelajaran dengan metode sosiodrama pada siswa kelas IV MINU Ngingas Waru Sidoarjo telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I yang hanya sebesar 64,6% (kurang baik) menjadi 86,1% (baik) pada siklus II. Dan hasil observasi aktivitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 68,1% (kurang baik) sedangkan siklus II menjadi 84,7% (baik). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, nilai rata-rata kelas siswa yang awalnya 65 pada siklus I menjadi 88,5 pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I hanya 21 siswa dan meningkat menjadi 28 siswa pada siklus II, sehingga ketuntasan hasil belajar siswa dalam bentuk persen pada siklus I sebesar 65,6% dan meningkat pada siklus II menjadi 87,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu. 2005. Strategi Belajar Mengajar. (Bandung: Pustaka Setia)

Al-Husaini, Al-Hamid. 2000. Membangun PeradabanSejarah Nabi Muhammad SAW. (Bandung:Pustaka Hidayah)

Aqib, Zainal, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, TK. (Bandung: CV. Yrama Widya)

Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. (Jakarta: Ciputat Press)

Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta: Prestasi Pustaka)

Basrowi dan Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. (Bogor: Ghalia Indonesia)

Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Gumiandari, Faqihuddin, Maslihuddin, dan fuad faizi. 2012. Succes Guide. (Cirebon:Nurjati Press)

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembangan Profesi Guru. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada)

Kurniyanto, Rido, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. (Surabaya: LAPIS PGMI)

Mafrukhi, Wahono, dkk. 2007. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. (Jakarta:Erlangga)

Pratiwi, Mujinda Novi. 2012. Acamedia (https://www.acamedia.edu/6251982).

Purnama, Bayu Gilang. 2011. Metode Sosiodrama.(http://purnama-bgp.blogspot.com/2011/11/metode-sosiodrama-dan-bermainperan_01.html/)

Purwati, Eni, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Paket 5. (Surabaya: LAPIS PGMI)

Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta:Kalam Mulia)

Sudjana. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. (Bandung: Sinar Baru Algensindo)

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta)

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta: Prestasi Pustaka)

Sukatmi. 2009. Digital Library Universitas Sebelas Maret, (http://digilib.uns.ac.id/pengguna.html?mn=showview&id=7974).

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak. (Bandung:Angkasa)

Usman, Basyiruddin. 2003. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. (Jakarta: Ciputat Pers)

Wiriatmadja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).

Published
2015-10-23
How to Cite
Taseman. (2015). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Sosiodrama Terkait Materi Hijrah ke Habasyah pada Siswa Kelas IV MINU Ngingas Waru Sidoarjo . CENDEKIA, 7(02), 127-136. https://doi.org/10.37850/cendekia.v7i02.25