Penerapan Strategi Belajar Concept Mapping dengan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Fisika di SMP Negeri 16 Palembang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi, bahwa strategi merupakan hal penting yang perlu ditentukan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fisika. Dalam penelitian ini menggunakan strategi belajar concept mapping dengan metode diskusi, dimana cari ini dapat mempermudah pemahaman siswa dan dapat saling berinteraksi dalam proses belajar mengajar. Variabel dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi concept mapping dengan metode diskusi berupa aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VII. 2 SMP Negeri 16 Palembang. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. 2 yang berjumlah 38 orang. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi untuk melihat aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung, dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes diperoleh hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi belajar concept mapping dengan metode diskusi pada mata pelajaran Fisika dikategorikan sangat baik. Hasil ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 87,71. Adapun hasil rata-rata observasi aktivitas siswa memperoleh persentasi sebesar 80,53%. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa belajar concept mapping dengan metode diskusi dapat diterapkan pada mata pelajaran Fisika.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Dahar, R.W. (2006). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Bandung. Erlangga.
E. Mulyasa. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Kosdakarya.
Hanafiah, Nanang. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung. PT. Refika Aditama.
Purwanto, Ngalim. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung. PT. Remaja Kosdakarya.
Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenata Media Group.
Sudjana, Nana. (2009). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Kosdakarya.
Sugiyarto, Teguh. (2010). Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Nasional.
Supranto. (2007). Teknik Sampling. Jakarta. Rineka Cipta.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta. Prestasi Pustaka.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana Media Group.