Penerapan Pembelajaran Virtual Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMK Antartika 1 Sidoarjo
Abstract
Abstrak
Penelitian dalam ini dilakukan untuk mengkaji Penerapan pembelajaran Virtual Learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mapel PAI di SMK Antartika 1 Sidoarjo, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran Virtual Learning di SMK Antartika 1 Sidoarjo, bagaimana prestasi belajar siswa pada pada mapel PAI di SMK Antartika 1 Sidoarjo, dan adakah pengaruh pembelajaran Virtual Learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pada mapel PAI di SMK Antartika 1 Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan rumus statistik, yaitu: rumus prosesntase dan rumus product moment. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Virtual Learning di SMK Antartika 1 Sidoarjo dalam proses pelaksanaannya dapat berjalan efektif dan efisien atau tergolong baik, karena hasil perhitungan prosentase menunjukkan antara 56%-100%. Dan peningkatan prestasi siswa di SMK Antartika 1 Sidoarjo setelah diterapkan pembelajaran Virtual Learning mengalami peningkatan dalam pencapaian hasil prestasi belajar siswa pada pada mapel PAI yang cukup, hal ini berdasarkan pada hasil perhitungan prosentase pada peritem pertanyaan nilai yang diperoleh berada antara 56%-75% dengan kreteria tergolong cukup. Sedangkan dalam pengaruh pembelajaran Virtual Learning di SMK Antartika 1 Sidoarjo mempunyai implikasi (dampak/pengaruh) yang positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada pada mapel PAI dalam katagori tinggi atau kuat. Hal ini, berdasarkan dari hasil penghitungan product moment, hasil yang di peroleh adalah 0,722 dan pada tabel interpretasi barada pada nilai r = 0,70 – 0,90 menunjukkan bahwa antara variabel X dan Y terdapat pengaruh yang kuat atau tinggi.
Downloads
References
Anas, Sudijono. (2000). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. (2002), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.
Arikunto, Suharsimi, (1983). Dasar dan Teknik Penelitian. Bina Aksara. Jakarta.
Bahri, Syaiful dan Azwan Zain. (1997). Strategi Belajar Mengajar . Rineka Cipta. Jakarta.
Hajar, Ibnu. (2002). Dasar-dasar Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.
http://en.wikipedia.org/wiki/History-of-virtual-learnig-environment.
http://frenky.cahaya-purnama-blogspot.com/2007/12/virtual-learning-environment.
Lianto, Joko, Perbandingan Metode Pembelajaran konvensional dengan Metode Virtual Learning pada One Day IT Seminar : Virtual Learning di BEM FMIPA ITS.
Muhadjir, Noeng. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin. Yogyakarta.
Nasution, S., (1982). Teknologi Pendidikan. Jemmars. Bandung.
---------------, (1992). Berbagai Pendekatan Dalam Proses belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Nasution, Zalkarimein. (1989). Teknologi Komunikasi Dalam Perspektif. Fakultas Ekonomi UI. Jakarta.
Nisa’, Rofiatun & Fatmawati, Eli. (2020). Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. IBTIDA’, 1(2), 135-150. https://doi.org/10.37850/ibtida’.v1i2.147
Suwarno. (1992). Pengantar Umum Pendidikan. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Wahyudi, JB. (1992). Teknologi Informasi dan Produksi Citra Bergerak. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.