Peningkatan Minat Belajar Matematika Secara Daring Pada Masa Pandemi di Desa Garung Lamongan

  • Rahma Febriyanti Universitas Islam Lamongan
  • Nur Ilmayasinta Universitas Islam Lamongan
  • Kiftiyatus Sholikah Universitas Islam Lamongan
  • Rahmi Catur Kartika Sari Universitas Islam Lamongan
Keywords: Belajar; Daring; Matematika; Minat; Pandemi

Abstract

Pandemi covid telah mengubah pola belajar siswa sehingga menyebabkan menurunnya minat belajar siswa. SDN 1 Garung merupakan salah satu sekolah yang terdampak. Banyak siswa yang mengalami penurunan minat belajar secara daring di masa pandemi. Oleh karena itu diperlukan kegiatan pembimbingan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa secara daring. Metode yang dilakukan yaitu dengan melakukan pembimbingan belajar dengan aplikasi yang menarik secara online yang diberikan melalui WhatsApp. Pemberian kuisioner dilakukan sebelum dan setelah pembimbingan untuk mengetahui sejauh mana minat belajar siswa. Hasil dari kegiatan ini yaitu siswa SDN 1 Garung mengalami peningkatan minat yang baik yaitu 11% dalam mengikuti pembelajaran matematika secara daring. Hal ini ditunjukkan dengan antusias siswa saat pembelajaran daring berlangsung yaitu dengan aktif bertanya dan menanggapi materi yang disampaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Santoso dan Yunni Rusmawati. 2019. Pendampingan Belajar Siswa Di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 36-43.
Ardiya, dkk. 2018. Peningkatan Minat Belajar Anak Yatim Piatu di Panti Asuhan Fahar Harapan Kota Pekanbaru, Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 2(2): 83-88
Friyanti, E.A., 2016. Teaching Writing Narrative Text by Using an Animation Movie Entitled „‟Ghost At School „‟To Eleventh ak 3 Grade Students of SMK PGRI 3 Sidoarjo. JOURNE 4.
Juliannisa, Indri Arrafi.2020. Peningkatan Pembelajaran Melalui Situs Media Online dengan Metode Blended Learning Pada Masyarakat Desa Bojongcae. Journal of Dedicators Community, 4(1), 68-78.
Negara, H. R. P., Syaharuddin, S., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan minat belajar siswa melalui pemanfaatan media belajar berbasis android menggunakan mit app inventor. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42-45.
Published
2022-02-02
How to Cite
Febriyanti, R., Nur Ilmayasinta, Kiftiyatus Sholikah, & Rahmi Catur Kartika Sari. (2022). Peningkatan Minat Belajar Matematika Secara Daring Pada Masa Pandemi di Desa Garung Lamongan. TAAWUN, 2(01), 10-18. https://doi.org/10.37850/taawun.v2i01.233