Paradigma Pendidikan Islam yang Memberdayakan

  • Saifuddin STIT Al-Fattah Siman Lamongan

Abstract

Paradigma lama pendidikan Islam yang telah terbangun sejak abad pertengahan, dengan mengkaji dan mempelajari teks-teks keagamaan dengan metode hafalan, bersifat mekanis, mengutamakan pengkayaan materi, sudah harus ditinggalkan untuk menuju paradigma baru pendidikan. Saat ini Pendidikan  Islam  harus  berorientasi  kepada  pembangunan dan  pembaruan, pengembangan kreativitas, intelektualitas, keterampilan, kecakapan penalaran yang dilandasai dengan “keluhuran moral” dan “kepribadian”, sehingga pendidikan Islam akan mampu mempertahankan relevansinya di tengah-tengah laju pembangunan. Paradigma baru pendidikan Islam harus diorientasikan kepada pembangunan, pembaruan, pengembangan kreativitas,   intelektualisme, keterampilan, kecakapan, penalaran, inovatif, mandiri, disiplin dan taat hukum, terbuka dalam masyarakat plural, dan mampu menghadapi serta menyelesaikan persoalan pada era globalisasi dengan dilandasi   keanggunan moral   dan  akhlak   dalam    usaha  membangun manusia dan masyarakat yang berkualitas bagi kehidupan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Tafsir, 1994, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Djohar,“ Soal Reformasi Pendidikan Omong Kosong,Tanpa Mengubah UU No.2/89”, Kedaulatan Rakyat,4 Mei 1999, Yogyakarta.

Faisal Ismail, 1998, Paradigma Kebudayaan Islam Studi Kritis dan Refleksi Historis, Tiara Ilahi Press, Yogyakarta.

Fasli Jalal, 2001, Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah, Aditia Yogyakarta.

H.A.R. Tilaar, 1999, Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia, Strategi Reformasi Pendidikan Nasional, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Hujair AH. Sanaky, 1999, “Studi Pemikiran Pendidikan Islam Modern”, Jurnal Pendidikan Islam, Konsep dan Implementasi, Volume V Th IV, ISSN: 0853 – 7437, FIAI UII, Yogyakarta, Agustus 1999.

Mansour Fakih, 2002, Pendidikan Popular Membangun Kesadaran Kritis, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Mastuhu, 1999, Pemberdayakan Sistem Pendidikan Islam, Logos Jakarta.

M. Khoirul Anam, From: http://www.pendidikan.net/mk-anam.html, akses: 12/8/2003.

Muhmmad al-Nauquib al-Attas, 1984, Konsep Pendidikan dalam Islam, Suatu Rangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam, Mizan, Bandung.

Onno W. Purbo, Tantangan Bagi Pendidikan Indonesia, From: http:// www. detik. com/net/ onno/ jurnal/ 20004/ aplikasi/ pendidikan/p-19.shtml. 2000.

Winarno Surakhmad, Profesionalisme Dunia Pendidikan, From: http://www. Bpk penabur.or.id / kps-jkt/berita/200006/ artikel2.htm , Jakarta, 27 Mei 2002.

Zamroni, 2000, Paradigma Pendidikan Masa Depan, Bigraf Publishing,Yogyakarta.

Published
2018-03-23
How to Cite
Saifuddin. (2018). Paradigma Pendidikan Islam yang Memberdayakan . CENDEKIA, 10(01), 41-52. https://doi.org/10.37850/cendekia.v10i01.62