Efektifitas Pembelajaran dengan Strategi Belajar Metakognitif dalam Meningkatkan “Metacomprehension” Siswa
Abstract
Teori pembelajaran perilaku yang terkini menekankan pada pengaturan diri atau self regulation yang membantu siswa mencapai pengendalian atas pembelajarannya sendiri. Kemampuan ini jarang dilatihkan pada siswa, sehingga siswa tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk keterampilan pengaturan diri. Oleh karena itu, keterampilan pengaturan diri perlu dilatihkan pada siswa melalui strategi metakognitif. Melalui strategi ini, siswa diberi kesempatan untuk menilai pemahaman diri mereka (metacomprehension) sendiri terhadap suatu materi.
Downloads
References
Ahmadi, Abu dan M. Umar. 1992. Psikologi Umum. Surabaya: PT. Bina Ilmu Offset. Azhar, Muhammad. 1996. PAI Kontemporer Dalam Pandangan Neomodernisme
Islam. Yogyakarta: lesiska.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Blakey, E., Spence, S. 1990. Metacognitive Behaviors, (online) (http://www.ncrel.org./issues/students/learning/Ir2behav.htm diakses tanggal 15 Desember 2016)
Depdiknas. 2003. Ketentuan Umum Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Pra- sekolah Dasar dan Menengah, Jakarta: Depdiknas.
DePorter, Bobbi, dkk., Terj. Ary Nilandari. 2001. Quantum Teaching : Mempraktekkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Hadi, Sutrino. 1991. Metodologi Research I. Yogyakarta: Andi Offset. Hasan, Fuad. 1997. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mardalis, Drs. 1995. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Cet. III. Jakarta: Bumi Aksar
Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mustaji dan Sugiarso. 2005. Pembelajaran Berbasis Konstruktivis. Surabaya: UNESA University Press.
Metacognitive Process (diadaptasi dari Strategic Teaching and Reading Project Guidebook) dalam NCREL online (http://www.ncrel.org./ /students/learning/Ir1metp.htm diakses tanggal 15 Desember 2015)
Metacognitive Skill dalam (http://education.calumet. meta.htm diakses tanggal 15 Desember 2016)
Nasution. 1998. Metodologi Penelitian Naturalistik. Bandung: Pn. Tarsito.
Nur, Mohammad. 2005. Strategi-strategi belajar, Surabaya: UNESA-University
Press.
Nur, M., Prima W. dan Bambang S. 1999. Teori Belajar. Surabaya: UNESA University Press
Nur, M. dan Wikandarei, Prima Retno. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Nur, Mohammad. 1998. Teori Pembelajaran Sosial. Surabaya: IKIP Surabaya. Rofiq, Ahmad. 1997. Hukum islam di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Russefensi. 1979. Pengajar Matematika Modern Untuk Orang Tua Murid, Guru dan SPG, Bandung: Trasito.
Sardiman. 1996. Interaksi dan motivasi belajar dan mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Standiford, S N. 1984. Metacomprehension, dalam (http://www.vtaide.com/png/ERIC/Metacomprehension.htm diakses tanggal 15 Desember 2016)
Sudjono, Anas. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Thoha, Chabib. 1999. Metodologi Pengajaran Agama. Semarang : IAIN Walisongo. Thoha, Habib Muhammad. 2004. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 1996. Metodologi Penelitian Social Jakarta : Bumi aksara
Winkel, WS. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Yamin, Martinis. 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta:Gaung Persada Press.