Strategi Pembelajaran Rasulullah dalam Konteks Keindonesiaan Masa Kini
Abstract
Rasulullah SAW merupakan sosok pendidik yang luar biasa. Dalam menjalankan dakwahnya, beliau menggunakan beberapa strategi pembelajaran sehingga hampir sepertiga penduduk dunia mengikuti ajarannya. Diantara beberapa metode pembelajaran Rasulullah sebagai berikut: (1) metode ceramah, (2) dialog, (3) metode perumpamaan, (4) diskusi, (5) demonstrasi, (6) pembiasaan, (7) hafalan, (8) kisah, (9) tegur langsung. Metode-metode tersebut telah terbukti keberhasilannya dan perlu dikembangkan sesuai dengan konteks Indonesia saat ini.
Downloads
References
Abu Ghuddah, AL-Fattah Abd. 40 Strategi Pembelajaran Rasulullah. Alih bahasa (Sumedi dan R. Umi Baroroh). 2005 Cet 1. Yogyakarta: Tiara Wacana
Abudinnata. Prospektif Islam Tentang Strategi pembelajaran. 2009. Jakarta: Kencana
Antonio, Syafi’I Muhammad. Muhammad SAW The Super Leader Super Manajer. 2007. Jakarta: Tazkia Multimedia dan Prolm Center
Asri Budiningsih, C., 2005, Belajar dan Pembelajaran, Bumik Aksara, Jakarta.
Fadhl Ilahi. 2006, Muhammad Saw : Sang guru yang hebat. Sirah nabi sebagai guru berdasarkan al-Qur’an dan Hadis-hadis shahih, Surabaya : eLBA
Musthafa Al-Maraghi, Ahmad,Tafsir Al Maraghi, Semarang: Toha Puta, 1987
Hamruni. Edutainment Dalam Pendidikan Islam dan Teori-Teori Pembelajaran Quantum. 2009. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.
Indrawati, M.Pd dan Wawan Setiawan, 2009, Modul Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Diterbitkan oleh PPPPTK I PA.
Rusman, Model-Model Pembelajaran : mengembangkan profesionalisme guru, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2011
Sutrisno, Pendidikan Islam yang Menghipupkan, Yogyakarta: Kota Kembang, 2006
Samsul Nizar, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2007
SM, Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Semarang : RaSAIL Media Group bekerja sama dengan LSIS (Lembaga Studi Islam dan Sosial).
Wina Sanjaya, strategi pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana, 2007.