Paradigma Baru dalam Kepemimpinan
Prinsip-Prisip Spiritualis Etis
Abstract
Tumbunya budaya mutu dalam pendidikan merupakan faktor yang cukup domonan dalam menentukan pertumbuhan sekolah dan managemen pendidikan. Dalam hal ini sekolah harus selalu mengadakan peningkatan mutu, yaitu kepuasan pelanggan, baik internal maupun eksternal. Nilai-nilai relegius dan nilai-nilai etis juga punya andil yang cukup besar. karena manusia yang diciptakan dari “ruh” Tuhan, merupakan puncak ciptaan Tuhan yang ditasbihkan sebagai kholifah-Nya di bumi sudah seharusnya menjadikan nilai-nilai ketuhanan sebagai paradigma dalam berprilaku termasuk dalam mengembangkan kepemimpinan. Dalam konteks kepemimpinan, sudah seharusnya manusia mengembangkan kepemimpinan dalam nama Tuhan, mencontoh prilaku kepemimpinan Tuhan, dan mengharap ridlo Tuhan dalam mengembangkan kepemimpinanya. Inilah kepemimpinan spiritual, yaitu kepemimpinan yang menggunakan seluruh potensi kecerdasan, memimpin dengan “ruh” (lead by soul) memimpin dengan hati, (lad by hert), memimpin dengan kepala (lead by head) dan memimpin dengan tangan, profesional (laed by hand). Kepemimpianan spritual adalah puncak kepemimpinan (the ultimate leadership).
Downloads
References
Amri M. Etika Islam Telaah Pemikiran Filsafat Moral Raghib al Isfahani, Yogyakarta Pustaka Pelajar dan LSK2P, 2002
AM. Hardjana, Penghayatan Agama : Yang Otentik dan Tidak Otentik, Yogyakarta Kanisius, 1993
Fazkur Rahman, MetodeAlternatif Neominenisme Islam, Taufik Adnan Amal (Penyunting), Bandung Mizan, 1987
Howard 1. Gazer, Ethical Theory and Moral Problems (Texas wadrorb Publishing Company 1999) hal 6 Lihat juga 93) Franz Magnis-Suseno, Etika Dasar Masalah-Masalah Filsafat, Yogyakarta: Kanisius, 1993
Laleh Bakhtiar. 1994. Moral Healing Trough The Most Beautiful Names: The Practice of Spiritual Chivalry, Volume III. Chicago: The Istitute of Tradisional Psychothic and Guidance.
Michael H. Had. The 100, a Rangking of The Most Influential in History, (New York; Hart Publising Company, 1994
Al-Qur’an dan Terjemahnya, DEPAG RI, 1994