Pendidikan Agama Islam sebagai Penetralis Pengaruh Negatif Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Abstract
Peran pendidikan Agama Islam sangat sangat unrgen sebagai penetralisir pengaruh negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena dengan PAI ini manusia sebagai subjek IPTEK akan mendapatkan ajaran-ajaran tentang nilai dan pada akhirnya mampu menggunakan IPTEK sebagai mana mestinya, yakni membawa kepada kemaslahat tidak kepada kehancuran.
Downloads
References
Ali Abdul Azhim, Epistemologi dan Aksiologi Ilmu Perspektif Al-Qur’an, Bandung, CV Rosda, 1989.
Amsal Bakhtiar, Filsafat Ilmu, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2004.
Adam Bakhtiar, Paradigma Pendidikan Islam, www. Wordpress.com, diakses pada tanggal 10 Januari 2008.
Burhanuddin Salam, Logika Materil; Filsafat Ilmu Pengetahuan, Jakarta: Reneka Cipta, 1997.
Darell Huff: How to Lie with Statistics, New York: W.W. Norton, 1960.
Fahmi Amhar, Penelitian, Kebenaran dan Kreatifitas dalam Paradigma Islam www. osdir.com, diakses pada 27 Okt 2007.
Irmayanti M. Budianto, Filsafat dan Metodologi Ilmu Pengetahuan; Refleksi Kritis atas Kerja Ilmiah, Depok; Fakultas Sastra UI, 2001.
Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Jakarta, Pustaka Sianar Harapan, 2005
Kurniawaty, Kejahatan Priyayi di Tengah Masyarakat, www.pikiran-rakyat.com, diakses pada tanggal 10 Januari 2008)
Risieri Frondiz, What is Valiue, alih bahasa, Cuk Ananta Wijaya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001
Moeflieh Hasbullah, Islamisasi Ilmu Pengetahuan, Jakarta: PT. Putaka Cidesindo, 2000
S Prasetyo Utomo, Pragmatisme dan Kekerasan Kaum Terdidik, www.wawasandigital.com, diakses pada tanggal 8 Januari 2008
Taufiq Isnmail Membaca Puisi, Taman Ismail Marzuki, 30-31 Januari 1980
__________, Etika Teknik dan Masa Depan Ummat Manusia, www.wordpress.com, diakses pada 27 Desember 2007