Urgensi Pendidikan Islam Informal dalam Membentuk Insan Kamil
Abstract
Keluarga menduduki peran yang cukup penting dalam membentuk insan kamil, Peran keluarga sebagai pendidik dalam pembinaan kepribadian muslim harus mencakup berbagai aspek melalui: Menanamkan Keimanan, Pembiasaan, Peneladanan, Menanamkan Akhlaq, dan Melaksanakan Syari’at (Amaliyah Syariat).
Downloads
References
Ainur Rofiq Dawam, Ahmad Ta’arifin, Manajemen Madrasah Bebasis Pesantren, Listafariska, 2005
Amin Haedari dkk, Masa Depan Pesantren. Jakarta: IRD Press, 2004
Amin Haedari, Panorama Pesantren Dalam Cakrawala Moderen. Jakarta: Diva Pustaka, 2004
Achmad Sugandi. Teori Pembelajaran, Semarang: UPT UNNES Press. 2004
Abu Ahmadi, Joko Tri Prasetya, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV. Pustaka Setia, 1997
Barnadib, Imam, Filsafat Pendidikan Tinjauan Beberapa Aspek dan Proses Pendidikan, Yogyakarta: Studying, 1982
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Putaka, 1990
Moh. Uzer Usman, Lilis Setiawati, Upaya Optimalisasi Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1993
Oemar Hamalik, Strategi Belajar Mengajar, Berdasarkan CBSA, Bandung: Sinar Baru: 1991
Haidari, Amin, dkk, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo, 1996
Suharyono, dkk., Strategi Mengajar I, Semarang: IKIP Semarang, 1991
Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo, 1996
Mastuhu, Dinamika Sistem pendidikan Pesantren; Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS, 1994
Yunus, Mahmud, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Hida Karya Agung, 1985