Relevansi Pendidikan Karakter dengan Penanggulangan Kenakalan Siswa
Abstract
Perubahan konsep arah pendidikan adalah keniscayaan,bukan berarti menunjukkan pendidikan kita tidak pasti, tapi semata untuk perbaikan diri.Dahulu pendidikan hanya mengharapkan hasil nilai pada peserta didik,tidak punya banyak solusi bagi siswa yang nakal atau kurang terdidik,artinya siswa yang nakal hanya akan diberi hukuman sesuai tingkat kenakalannya,tanpa adanya stimulus untuk mengatasinya,pendidikan sekarang mengedepankan proses. proses bagaimana peserta didik mendapat nilai bagus,proses bagaimana nantinya siswa jadi sukses, serta proses bagaimana peserta didik bisa menjadi manusia yang utuh.Sekarang jika ada siswa yang nakal maka dilakukan proses pendidikan dengan penerapan karakter yang baik.Dengan diterapkan pendidikan karakter maka bukan hanya nilai akademis yang dituju dalam pendidikan tapi juga perbaikan akhlaq atau moral peserta didik.
Downloads
References
Abdullah, Amin, http://aminabdullah.wordpress.com/pendidikan-karakter- mengasahkepekaan- hati-nurani/ 29 Juli 2011
Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005
Agung, Iskandar dan Nadirah Rumtini, Pendidikan Membangun Karakter Bangsa, Jakarta: Bestari Buana Murni, 2011
Al-Nashr, M. Sofyan, Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal, Skripsi
Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2010. Buchori, Muchtar, Pendidikan Antisipatoris, Yogyakarta: Kanisius, 2001
Http://pdf.Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter, puskurbuk, p4tk- bispar.net./43- pedoman-pelaksanaan-pendidikan-karakter.html
Http://www.tempo.co/hg/kolom/- Pendidikan (Bukan-mata-pelajaran) Karakter. html-, 27 September 2011
Juwaini, Jazuli, http://www.google.co.id/Pendidikan yang bertujuan melahirkan insan cerdas dan berkarakter kuat, 7 Oktober 2011
Tim penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:Balai pustaka, 1998