Relevansi Pendidikan Karakter dengan Penanggulangan Kenakalan Siswa

  • Khubni Maghfirotun STIT Al-Fattah Siman Lamongan

Abstract

Perubahan konsep arah pendidikan adalah keniscayaan,bukan berarti menunjukkan pendidikan kita tidak pasti, tapi semata untuk perbaikan diri.Dahulu pendidikan hanya mengharapkan hasil nilai pada peserta didik,tidak punya banyak solusi bagi siswa yang nakal atau kurang terdidik,artinya siswa yang nakal hanya akan diberi hukuman sesuai tingkat kenakalannya,tanpa adanya stimulus untuk mengatasinya,pendidikan sekarang mengedepankan proses. proses bagaimana peserta didik mendapat nilai bagus,proses bagaimana nantinya siswa jadi sukses, serta proses bagaimana peserta didik  bisa menjadi manusia yang utuh.Sekarang jika ada siswa yang nakal maka dilakukan proses pendidikan dengan penerapan karakter yang baik.Dengan diterapkan pendidikan karakter maka bukan hanya nilai akademis yang dituju dalam pendidikan tapi juga perbaikan akhlaq atau moral peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Amin, http://aminabdullah.wordpress.com/pendidikan-karakter- mengasahkepekaan- hati-nurani/ 29 Juli 2011

Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005

Agung, Iskandar dan Nadirah Rumtini, Pendidikan Membangun Karakter Bangsa, Jakarta: Bestari Buana Murni, 2011

Al-Nashr, M. Sofyan, Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal, Skripsi

Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2010. Buchori, Muchtar, Pendidikan Antisipatoris, Yogyakarta: Kanisius, 2001

Http://pdf.Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter, puskurbuk, p4tk- bispar.net./43- pedoman-pelaksanaan-pendidikan-karakter.html

Http://www.tempo.co/hg/kolom/- Pendidikan (Bukan-mata-pelajaran) Karakter. html-, 27 September 2011

Juwaini, Jazuli, http://www.google.co.id/Pendidikan yang bertujuan melahirkan insan cerdas dan berkarakter kuat, 7 Oktober 2011

Tim penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:Balai pustaka, 1998

Published
2015-10-23
How to Cite
Khubni Maghfirotun. (2015). Relevansi Pendidikan Karakter dengan Penanggulangan Kenakalan Siswa. CENDEKIA, 7(02), 116-126. https://doi.org/10.37850/cendekia.v7i02.24